Senin, 11 Desember 2017

Cara Mengatasi Bolt Home yang Lemot

Zaman sekarang ini perkembangan zaman terus maju. Kebutuhan akan internet semakin tinggi dan diperlukan. Semua ini dilakukan agar bisa mempermudah segala pekerjaan dan kebutuhan. Di samping itu, beberapa perusahaan layanan internet memanfaatkan keadaan ini untuk menggapai keuntungan. Mereka saling berlomba-lomba menyediakan koneksi internet yang baik. Salah satunya yaitu Bolt.

Seperti yang kita ketahui, sebelumnya bolt hanya menyediakan internet melalui mifi 4G nya. Kemudian, hal ini terus berkembang dan terbuatnya jasa pasang wifi untuk di rumah yang dinamakan bolt home.

Bolt Home menawarkan minimal harga Rp250.000,- (Desember 2017) dengan kecepatan sampai 8 Mbps. Dengan kecepatan yang seperti itu, mungkin sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Akan tetapi, ekspetasi dan realitas terkadang berbeda. Hal ini dialami oleh sebagian pelanggan bolt home. Mereka merasa kecewa karena kecepatan koneksi internetnya lemot dan tidak sesuai dengan paket yang mereka pasang.

Bahkan, beberapa dari mereka ingin berhenti berlangganan sedangkan mereka tidak bisa melakukannya sebelum 1 tahun. Hal tersebut karena sudah terikat janji minimal berlangganan 1 tahun. Jika berhenti sebelum itu, maka dikenakan denda sebesar Rp500.000,-

Oleh karena itu, azizalmedia ingin berbagi beberapa pengalaman tentang cara mengatasinya sehingga setidaknya bisa lebih baik lagi.

Jujur admin telah menggunakan bolt home selama beberapa bulan. Rasa kesal akan lambatnya internet sudah sering dirasakan. Pikiran pun menjadi tidak tenang. Terkadang kalimat ingin mengakhiri ini semua terucapkan. Beberapa cara saya lakukan untuk mempercepatnya. Berikut ini cara-cara yang saya lakukan

1. Keluhan Terhadap Sales

Ini hal yang pertama saya lakukan. Sebagai pelanggan, kita berhak untuk menanyakan atau konsultasi terhadap masalah yang kita alami. Pertama, saya mengeluh dan minta pertanggung jawaban kepada sales yang menawarkan jasa bolt homenya.

Kebetulan, saya masih punya kontak WA sales bolthome nya. Sebenarnya saya ingin menampilkan bukti screenshot percakapannya, tetapi karena sudah tidak ada, jadi tidak bisa. Intinya saya disarankan dia untuk pergi ke bolt zone agar diganti dengan yang outdoor.

2. Mengajukan Penggantian Perangkat


Langkah ini merupakan tindak lanjut dari konsultasi sebelumnya. Layanan bolt home menyediakan 2 versi router yaitu indoor dan outdoor. Awalnya saya menggunakan bolthome indoor.

Ketika di bolt zone, saya memberikan keluh kesah saya terhadap bolt home. Kemudian, di cek lokasi dan alasan mau ganti outdoor. Tentu alasan saya karena saran dari sales tadi yang katanya outdoor lebih bagus dan koneksinya yang sekarang itu lemot.

Kemudian, costumer service itu memberikan surat pengajuan penggantian outdoornya. Kata costumer servicenya, jika diterima pengajuannya, teksini akan langsung ke rumah dalam waktu 7x24 jam. Akan tetapi, setelah melewati seminggu lebih, belum ada tindak lanjut dari teknisinya yang berarti ditolaknya pengajuan tersebut.

Saya merasa kecewa terhadap pelayanannya. Saya sebenarnya mau berhenti tetapi tidak bisa karena belum 1 tahun. Tentu saya tidak bisa diam dengan hanya membayar tagihan tiap bulan. Saya mencari-cari cara agar setidaknya koneksi lebih baik.

3. Mencari Lokasi Sinyal yang Baik


Alhamdulillah rumah saya terdapat 2 lantai. Sebelumnya, router bolt home indoor saya diletakan di lantai 1. Sinyal menjadi pengaruh besar terhadap jalannya internet. Oleh karena itu, Karena saya berpikiran sinyal akan lebih baik mencari lokasi yang sinyalnya lebih kuat lagi. Saya memindahkan routernya ke lantai 2. Akan tetapi, hal ini belum cukup.

4. Menggunakan Antena Eksternal

Selain memindahkan lokasi, saya juga menambahkan antena eksternal. Untuk pelanggan baru, mungkin sudah termasuk antena tetapi pelanggan lama tidak dapat. Di router bolthome terdapat 2 port untuk antena eksternal. Karena budget saya terbatas, saya menggunakan yang antena yang biasa saja.



Jika kamu punya uang lebih, saya sarankan untuk membeli antena yang lebih powerfull lagi.

Setelah menggunakan antena eksternal, Jangan lupa juga untuk mengganti setting di pengaturan bolt home tersebut.



5. Menggunakan Kabel LAN


Kabel LAN yang saya pakai digunakan untuk menghubungkan router ke PC yang saya sering gunakan. Hal tersebut membantu hubungan antara PC dan router secara langsung tanpa melalui jaringan wifi. Cara ini akan memprioritaskan koneksi internet ke PC sehingga lebih diutamakan dalam kebutuhan internet.

Dengan langkah-langkah yang saya lakukan tersebut, pengalaman internet saya lebih baik lagi walaupun memang terkadang masih lemot.

Yang perlu diketahui, misal sobat berlangganan yang 8 Mbps. Kecepatan tesebut tidak selalu penuh. Akan ada pada jam-jam tertentu koneksi menjadi lemot.

Pengalaman yang saya alami koneksi bolt home cepat ketika pagi hari sampai jam 9 dan malam hari dari jam 9 (itu hanya pengalaman saya). Ketika di luar jam itu, maka kecepatan akan berkurang dan lemot. Tentu sensasinya berbeda-beda setiap daerah.

Jika cara tadi memang belum mengatasi masalah anda. Ada beberapa opsi yang belum saya lakukan dan mungkin bisa sobat dilakukan

6. Hubungi Costumer Service


Cara ini adalah hal dasar yang mesti dilakukan ketika ada masalah terhadap layanan. Coba hubungi atau datangi costumer service terdekat. Tanyakan kepada dia dan berikan keluh kesah kalian. Biasanya mereka menanyakan lokasi rumah sobat untuk melihat kualitas sinyal yang akan didapatkan.

7. Menaikkan Paket Langganan


Jika paket yang sekarang sobat sewa belum memenuhi kebutuhan, kalian bisa menaikkan paket langganannya. Hal yang harus kamu tahu pastinya akan bertambahnya juga biaya tagihan tiap bulannya. Sebelum menaikkannyanya sobat harus memastikan sinyal di rumah kalian itu bagus.

8. Berhenti Berlangganan


Jika memang bolt home itu tidak cocok di daerah kalian dan tidak memuaskan sobat, kalian bisa memberhentikannya. Akan tetapi, sobat perlu mengetahui, jika berhenti sebelum 1 tahun, maka akan dikenakan denda.

Itu dia cara mengatasi masalah bolt home. Semoga bisa bermanfaat. Bagikan juga kepada sesama pelanggan bolt home. Pastikan juga sobat sudah bayar tagihan. Jika ada kesalahan atau saran dari kalian, silakan isi di kolom komentar.

9 komentar

Kebetulan sayang menggunakan bolthome outdoor tetapi tetap saja lemot RTO, ping mencapai Ribuan paling rendah 200an, padahal antena outdoornya saya sudah tempatkan di lt 2 dan di tiang sekian keluh kesah saya 😢

Saya berlangganan yang 8 mbps (yang sebenarnya speed = 1 MBps)
Pagi lancar dan kencang, namun mulai jam 7 malam kecepatan sangat lelet...

Saya berlangganan yang 8 mbps (yang sebenarnya speed = 1 MBps)
Pagi lancar dan kencang, namun mulai jam 9 pagi sampai jam 12 malem kecepatan sangat lelet... #buatemosiajaleletnya
#terbuaijanjimanis

iya bener 8 mbps itu sebenernya mentok di 1 mbps sukur2 dapet 2 mbps klo beruntung wkk

Saya baru berlangganan bolt home 8mbps hari sabtu 10 Mar 18 (modem Titan Outdoor + Indoor), hasil pengecekan dan pencarian yang menghabiskan waktu +/-1,5 jam dengan teknisi membuahkan hasil dengan modem outdoor di pasang di atap rumah, speed test mendapatkan rata-rata 6-7 Mbps (+/- 80%). alhasil streaming tanpa buffering.

kekurangan yang dialami, tidak stabil dan yang biasa saya lakukan adalah mematikan router tunggu 1 menit baru nyalakan kembali.

Pasti jam 00.00 sampai jam 09.00 internetnya ngebut, tapi selain dari jam itu, lemotnya bikin emosi banget, main game dapet ping diatas 300ms, bener bener luar biasa lemotnya

Saya pelanggan bolt home sudah 2 th tetapi setelah saya test kecepatan hanya dibawah 2Mbps bahkan 0,8 dng menyesal saya putuskan

Saya pelanggan bolt home sudah 2 th tetapi setelah saya test kecepatan hanya dibawah 2Mbps bahkan 0,8 dng menyesal saya putuskan

Saya bolthome parah banget bagusnya koneksinya cuma dari jam 12 malam - 9 pagi padahal saya pelajar sya tentu hanya bisa memakai waktu tersebut di hari libur saya cukup kecewa

Berkomentarlah dengan bijak, sesuai artikel dan jangan SPAM
EmoticonEmoticon