Senin, 11 Desember 2017

Cara Mengatasi Bolt Home yang Lemot

Zaman sekarang ini perkembangan zaman terus maju. Kebutuhan akan internet semakin tinggi dan diperlukan. Semua ini dilakukan agar bisa mempermudah segala pekerjaan dan kebutuhan. Di samping itu, beberapa perusahaan layanan internet memanfaatkan keadaan ini untuk menggapai keuntungan. Mereka saling berlomba-lomba menyediakan koneksi internet yang baik. Salah satunya yaitu Bolt.

Seperti yang kita ketahui, sebelumnya bolt hanya menyediakan internet melalui mifi 4G nya. Kemudian, hal ini terus berkembang dan terbuatnya jasa pasang wifi untuk di rumah yang dinamakan bolt home.

Bolt Home menawarkan minimal harga Rp250.000,- (Desember 2017) dengan kecepatan sampai 8 Mbps. Dengan kecepatan yang seperti itu, mungkin sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Akan tetapi, ekspetasi dan realitas terkadang berbeda. Hal ini dialami oleh sebagian pelanggan bolt home. Mereka merasa kecewa karena kecepatan koneksi internetnya lemot dan tidak sesuai dengan paket yang mereka pasang.

Bahkan, beberapa dari mereka ingin berhenti berlangganan sedangkan mereka tidak bisa melakukannya sebelum 1 tahun. Hal tersebut karena sudah terikat janji minimal berlangganan 1 tahun. Jika berhenti sebelum itu, maka dikenakan denda sebesar Rp500.000,-

Oleh karena itu, azizalmedia ingin berbagi beberapa pengalaman tentang cara mengatasinya sehingga setidaknya bisa lebih baik lagi.

Jujur admin telah menggunakan bolt home selama beberapa bulan. Rasa kesal akan lambatnya internet sudah sering dirasakan. Pikiran pun menjadi tidak tenang. Terkadang kalimat ingin mengakhiri ini semua terucapkan. Beberapa cara saya lakukan untuk mempercepatnya. Berikut ini cara-cara yang saya lakukan

1. Keluhan Terhadap Sales

Ini hal yang pertama saya lakukan. Sebagai pelanggan, kita berhak untuk menanyakan atau konsultasi terhadap masalah yang kita alami. Pertama, saya mengeluh dan minta pertanggung jawaban kepada sales yang menawarkan jasa bolt homenya.

Kebetulan, saya masih punya kontak WA sales bolthome nya. Sebenarnya saya ingin menampilkan bukti screenshot percakapannya, tetapi karena sudah tidak ada, jadi tidak bisa. Intinya saya disarankan dia untuk pergi ke bolt zone agar diganti dengan yang outdoor.

2. Mengajukan Penggantian Perangkat


Langkah ini merupakan tindak lanjut dari konsultasi sebelumnya. Layanan bolt home menyediakan 2 versi router yaitu indoor dan outdoor. Awalnya saya menggunakan bolthome indoor.

Ketika di bolt zone, saya memberikan keluh kesah saya terhadap bolt home. Kemudian, di cek lokasi dan alasan mau ganti outdoor. Tentu alasan saya karena saran dari sales tadi yang katanya outdoor lebih bagus dan koneksinya yang sekarang itu lemot.

Kemudian, costumer service itu memberikan surat pengajuan penggantian outdoornya. Kata costumer servicenya, jika diterima pengajuannya, teksini akan langsung ke rumah dalam waktu 7x24 jam. Akan tetapi, setelah melewati seminggu lebih, belum ada tindak lanjut dari teknisinya yang berarti ditolaknya pengajuan tersebut.

Saya merasa kecewa terhadap pelayanannya. Saya sebenarnya mau berhenti tetapi tidak bisa karena belum 1 tahun. Tentu saya tidak bisa diam dengan hanya membayar tagihan tiap bulan. Saya mencari-cari cara agar setidaknya koneksi lebih baik.

3. Mencari Lokasi Sinyal yang Baik


Alhamdulillah rumah saya terdapat 2 lantai. Sebelumnya, router bolt home indoor saya diletakan di lantai 1. Sinyal menjadi pengaruh besar terhadap jalannya internet. Oleh karena itu, Karena saya berpikiran sinyal akan lebih baik mencari lokasi yang sinyalnya lebih kuat lagi. Saya memindahkan routernya ke lantai 2. Akan tetapi, hal ini belum cukup.

4. Menggunakan Antena Eksternal

Selain memindahkan lokasi, saya juga menambahkan antena eksternal. Untuk pelanggan baru, mungkin sudah termasuk antena tetapi pelanggan lama tidak dapat. Di router bolthome terdapat 2 port untuk antena eksternal. Karena budget saya terbatas, saya menggunakan yang antena yang biasa saja.



Jika kamu punya uang lebih, saya sarankan untuk membeli antena yang lebih powerfull lagi.

Setelah menggunakan antena eksternal, Jangan lupa juga untuk mengganti setting di pengaturan bolt home tersebut.



5. Menggunakan Kabel LAN


Kabel LAN yang saya pakai digunakan untuk menghubungkan router ke PC yang saya sering gunakan. Hal tersebut membantu hubungan antara PC dan router secara langsung tanpa melalui jaringan wifi. Cara ini akan memprioritaskan koneksi internet ke PC sehingga lebih diutamakan dalam kebutuhan internet.

Dengan langkah-langkah yang saya lakukan tersebut, pengalaman internet saya lebih baik lagi walaupun memang terkadang masih lemot.

Yang perlu diketahui, misal sobat berlangganan yang 8 Mbps. Kecepatan tesebut tidak selalu penuh. Akan ada pada jam-jam tertentu koneksi menjadi lemot.

Pengalaman yang saya alami koneksi bolt home cepat ketika pagi hari sampai jam 9 dan malam hari dari jam 9 (itu hanya pengalaman saya). Ketika di luar jam itu, maka kecepatan akan berkurang dan lemot. Tentu sensasinya berbeda-beda setiap daerah.

Jika cara tadi memang belum mengatasi masalah anda. Ada beberapa opsi yang belum saya lakukan dan mungkin bisa sobat dilakukan

6. Hubungi Costumer Service


Cara ini adalah hal dasar yang mesti dilakukan ketika ada masalah terhadap layanan. Coba hubungi atau datangi costumer service terdekat. Tanyakan kepada dia dan berikan keluh kesah kalian. Biasanya mereka menanyakan lokasi rumah sobat untuk melihat kualitas sinyal yang akan didapatkan.

7. Menaikkan Paket Langganan


Jika paket yang sekarang sobat sewa belum memenuhi kebutuhan, kalian bisa menaikkan paket langganannya. Hal yang harus kamu tahu pastinya akan bertambahnya juga biaya tagihan tiap bulannya. Sebelum menaikkannyanya sobat harus memastikan sinyal di rumah kalian itu bagus.

8. Berhenti Berlangganan


Jika memang bolt home itu tidak cocok di daerah kalian dan tidak memuaskan sobat, kalian bisa memberhentikannya. Akan tetapi, sobat perlu mengetahui, jika berhenti sebelum 1 tahun, maka akan dikenakan denda.

Itu dia cara mengatasi masalah bolt home. Semoga bisa bermanfaat. Bagikan juga kepada sesama pelanggan bolt home. Pastikan juga sobat sudah bayar tagihan. Jika ada kesalahan atau saran dari kalian, silakan isi di kolom komentar.

36 komentar

Kebetulan sayang menggunakan bolthome outdoor tetapi tetap saja lemot RTO, ping mencapai Ribuan paling rendah 200an, padahal antena outdoornya saya sudah tempatkan di lt 2 dan di tiang sekian keluh kesah saya 😒

Saya berlangganan yang 8 mbps (yang sebenarnya speed = 1 MBps)
Pagi lancar dan kencang, namun mulai jam 7 malam kecepatan sangat lelet...

Saya berlangganan yang 8 mbps (yang sebenarnya speed = 1 MBps)
Pagi lancar dan kencang, namun mulai jam 9 pagi sampai jam 12 malem kecepatan sangat lelet... #buatemosiajaleletnya
#terbuaijanjimanis

iya bener 8 mbps itu sebenernya mentok di 1 mbps sukur2 dapet 2 mbps klo beruntung wkk

Saya baru berlangganan bolt home 8mbps hari sabtu 10 Mar 18 (modem Titan Outdoor + Indoor), hasil pengecekan dan pencarian yang menghabiskan waktu +/-1,5 jam dengan teknisi membuahkan hasil dengan modem outdoor di pasang di atap rumah, speed test mendapatkan rata-rata 6-7 Mbps (+/- 80%). alhasil streaming tanpa buffering.

kekurangan yang dialami, tidak stabil dan yang biasa saya lakukan adalah mematikan router tunggu 1 menit baru nyalakan kembali.

Pasti jam 00.00 sampai jam 09.00 internetnya ngebut, tapi selain dari jam itu, lemotnya bikin emosi banget, main game dapet ping diatas 300ms, bener bener luar biasa lemotnya

Saya pelanggan bolt home sudah 2 th tetapi setelah saya test kecepatan hanya dibawah 2Mbps bahkan 0,8 dng menyesal saya putuskan

Saya pelanggan bolt home sudah 2 th tetapi setelah saya test kecepatan hanya dibawah 2Mbps bahkan 0,8 dng menyesal saya putuskan

Saya bolthome parah banget bagusnya koneksinya cuma dari jam 12 malam - 9 pagi padahal saya pelajar sya tentu hanya bisa memakai waktu tersebut di hari libur saya cukup kecewa

sama sih tapi tergantung area jg di ane klo sore cuma dapet 3 mbps doang

Saya baru daftar, trus bayar, eh giliran pemasangan tidak dipasang pasang, minta refund kudu sabar nunggu 14 hari kerja, apes deh mana bayar setahun dimuka lagi.

wah..beruntung banget bisa dapet paling enggak lebih dari 1mb...

Sebetulnya Persoalan bukan di Perangkat Modemnya....
Persoalan Kapasitas BTS yg minim, tidak mampu menampung seluruh pengguna....
Solusinya Provider yg tambah kapasitas BTSnya

Kalo belum 1 th kena denda,klo pelayanan nya memuaskan boleh,laporan aja tidak pernah di tanggapan minta denda,klo billing tagihan mah cepet apalagi tidak bisa debit dari rekening pasti email masuk lg memberitahukan penerbitan tidak bisa,ngaca boot,jng iklan manis2

Agak nyesel pasang bolthome
Lemotnya ampun2
Bikin pelanggan kecewa
Masa cari pelanggan cuma buat setahun doang
Seharusnya kan cari pelanggan tuh biar awet, semakin awet semakin lancar kan bisnisnya 😳😒

Caranya gmna gan biar bisa lancar d pke beberapa penggunanya apa harus bli alat lg?

Saya baru pasang WiFi bolt tanggal 22-7-18.jaringanya lemot banget bikin emosi aja

Ada yang senasib ga? Volt homenya selalu ga ada sinyal setiap jam 10an malam, baru ada sinyal lagi setelah jam 10 - 11an siang.

Jaringan bolthome lemot..giliran telat bayar 1 hari..CS nya ngebut bgt telp..kaya 1gbps kecepatan nyam.wkwkwkw

Sangat Mengecewakan yg namanya BOLT HOME, saya baru pasang tgl 27 juli 2018 samapai surat ini saya buat tanggal 2 Agustus 2018, koneksi internet hanya ada di angka 0,1 mbps sampai 1,8 mbps. Jauh sekali dari apa yg diiklankan, yakni 8mbps. Saya berkali kali telp call center selalu diarahkan untuk reset modem, tapi hasilnya sama aja tidak ada perubahan. Saya berniat untuk berhenti, karena ini sangat diluar ekspetasi dan terkesan penipuan. Bagi yang belum menjadi korban BOLT HOME, disarankan agar jangan sekali2 mencoba berlangganan provider internet rumahan yg satu ini.

sangat sangat kecewa dengan bolt home, tlp ke cs katanya ada perbaikan BTS di bandengan sudah 17 hari lebih perbaikan (di saya lemot sudah 4 minggu)..padahal di SOP nya perbaikan itu cmn 3hr..it teknisi nya pada oon apa??bnykan makan micin.
sampai skrng 3 agustus 2018 masih blm ada tindakan dari bolt nya..

internet di pakai bwt kerja..pekerjaan jadi terhambat. malah sudah kontrak setahun..hiks

NOT RECOMMENDED BOLT

Duh kesal rasanya padahal sudah pakai yang outdoor tapi lemotnya itu.. upload unduh cuma dapet 1-2mbps padahal ambil paket 8mbps. Ping dapet diatas 500 '-' cocok nih tipsnya.. apalagi yang tips terakir paling cocok ituuu. Lokasi saya di kota tangerang bukan di plosok. Tapi kecepatannya kaya siput

Sy baru 2 bulan lamgganan dgn no 9992960513 atas nama nani sumarni sinyal hilang/mati gmna ini? Sudah 2 minggu sinyal mati. Trmksh

Emak gue baru masang bolt home yang 8 Mbps, sampek sekarang belum bisa digunakann cuk siallπŸ˜–πŸ˜–πŸ˜–

gk ngangkat buat di pake kerja klo speed cmn mentok 0.2 mbps (upload)
klo speed (download) cmn 1 mbps

Sinyal bapuk asu.. nyesel gua pake bolt home ga berguna. tiap bulan bayarin sesuatu yang sama sekali engga bikin dihati gua puas. ga ikhlas dan ga ridho gua sama perusahaan ini

Bolt gua akhir akhir ini tambah lelet biasanya ngebut da ):

Bolt home parah abis jgn pasang dah kecewa. Udah 2 mgg koneksi kl setiap jam 6 sore ampe subuh internet mati.cs nya bego" semua cuma tau nya reset cabut kabel power terus pasang lagi.bolt sampah

Kenapa ya internet bolt saya waktu di tes pake kartu tukang Boltnya kenceng bangat bahkan sampe bisa nyetel youtube kualitas terbaik, tapi pas pake kartu saya tiba tiba jaringan lemot jangankan buat buka youtube atau main game, kadang googling aja gk bisa, padahal paketnya sma sma 15 mbps

Kenapa ya setiap jam 9 pagi sampe jam 9 malem itu ngelag? pas tengah malem baru ngebut sinyalny.

ayo kita lapor kominfo yuk semua biar BOLT anjing itu di tutup bangsat

Buat game ngelag parah asli putus nyambung mulu 😫😫😫

Aku aja cuma make berdua tapi lemot banget, kadang sendirian doang juga lemot parah 😀😩

Daripada bayar 249rb sebulan for nothing mending buru2 aja berhenti cuna rugi 500rb alias 2 bulan saja

13 September terpasang Bolt Home 249Rb, dengan harapan bisa lebih tenang/murah internetan unlimited daripada 349Rb untuk unlimited Add On 30 hari. Setelah 1x24 jam dirasakan internet BoltHome ini kok kampret amat ya. jangankan buka sekeluarga, untuk sendiri aja buka yutub isinya loading terus. Dulu waktu masih pake Unlimited Add On dipake bertiga yutuban semua lancar2 aja, kenapa sekarang yang berlangganan malah jelek begini... NYESE[K][L]...!

Baru 2 minggu Langganan BigTV plus Bolt Home Unlimited speed 8 Mbps....Awalnya ngebut wuzzz....wuzzz. Sekarang per tgl 22 September 2018 ngesot jalannya, cek Speedtest download cuma di 0.12 Mbps dan upload 1.32 Mbps.

Berkomentarlah dengan bijak, sesuai artikel dan jangan SPAM
EmoticonEmoticon