Jumat, 13 September 2019

Cara Mengganti Sistem Navigasi Android 10 : Android Q


Sistem operasi android terbaru yakni Android 10 sepertinya banyak memanjakan para opreker atau sebutan untuk pengguna Android yang suka melakukan modifikasi. Alasannya karena tanpa perlu root, beberapa modifikasi bisa dilakukan seperti cara mengganti sistem navigasi android 10.

Navigasi Android 10 kehilangan navigasi gesturenya setelah update, oleh karena itulah tutorial ini diberikan untuk mengembalikan navigasi gesture. Alasannya adalah karena sistem navigasi gesture pada versi Android sebelumnya, yakni Android Pie belum sempurna yakni masih ada tombol backnya.

Cara Mengganti Sistem Navigasi Android 10
Cara menggantinya, Sobat hanya perlu menuju ke System kemudian pilih menu Gesture dan kemudian pilih System Navigasi. Akan muncul 3 pilihan navigasi yang bisa Sobat pilih kemudian tinggal pilih dan proses akan berlanjut. Berikut penjelasan dari ketiga sistem navigasi yang ada.

1. Navigasi Gesture
Navigasi Gesture Android 10
Sistem navigasi yang pertama mengandalkan seluruhnya pada gesture atau pergerakan jari yang dikenal dengan istilah swipe. Tidak akan ditemui tombol back atau recent pada pilihan ini. Namun, Sobat harus mengingat semua gesture yang digunakan seperti dari bawah ke atas dan lainnya.

Kelebihan sistem navigasi ini tentu saja adalah layar tidak akan terpotong atau terganggu dengan keberadaan tombol navigasi di bawah. Hanya saja memang Sobat harus mengingat semua gesturenya layaknya mengingat cara ganti perseneling mobil.

2. Navigasi 2 Tombol

Pilihan navigasi selanjutnya adalah Navigasi 2 Tombol. Pilihan navigasi inilah yang dikenalkan pertama kali pada Android Pie yang mana sistem navigasi ini belum sepenuhnya mengandalkan gesture. Namun ini bisa menjadi kelebihan karena tidak semua orang menyukai opsi pertama.

Sistem navigasi ini memiliki keuntungan untuk mereka yang masih belum sepenuhnya move on ke arah full navigasi gesture. Karena tentu saja membingungkan untuk melakukan banyak hal tanpa melihat tombol yang harus ditekan. Hanya saja mungkin rasanya aneh hanya ada 2 tombol saja.

3. Navigasi Tiga Tombol
Navigasi 3 tombol
Pilihan navigasi yang terakhir adalah pilihan navigasi tiga tombol yang merupakan versi tradisional dari ketiga navigasi diatas. Pilihan sistem navigasi ini sangat cocok untuk mereka yang sudah lanjut usia atau tidak ingin repot untuk mengingat setiap gesture yang ada meski nantinya akan terbiasa.

Tiga tombol yang akan muncul di layar adalah seperti recent, home dan juga tombol back. Meskipun demikian, pilihan terakhir ini paling nyaman untuk menghindari salah pencet atau salah swipe yang mungkin bisa mengganggu Sobat saat menggunakan smartphone dan teknologi terkini.

Itulah cara mengganti sistem navigasi android 10 yang mungkin menarik perhatian Sobat agar smartphone mu semakin cantik dan juga nyaman dalam penggunaan sehari-hari. Bagaimana? Apakah Sobat akan mencoba sekarang? Pastikan sistem operasi yang dipakai Android 10 ya!

This Is The Newest Post

Berkomentarlah dengan bijak, sesuai artikel dan jangan SPAM
EmoticonEmoticon